Green Canyon Indonesia

Sekelebat Info:

Anda tidak perlu bepergian ke Amerika jika anda ingin menikmati sensasi rafting di Grand Canyon. Anda bisa melalukan dan merasakan sesasi yang hampir sama dengan melakukannya di Green Canyon Indonesia. Nama Green Canyon ini sendiri diambil karena memang tempat wisata ini memiliki kesamaan denagn Grand Canyon. perbedaan antara keduanya terletak pada kondisi alam, Green Canyon memilik alam yang hijau sehingga nama depannya adalah Green sedangkan nama Canyon sendiri diambil karena keadaan alam yang menyeruapi Grand canyon yaitu berupa jurang-jurang yang indah. Nama asli dari tempat ini adalah Cukang Taneuh (Jembatan Tanah).

What to see and do

Rafting atau arung jeram adalah olah raga yang paling sering dilakukan untuk menikmati pesona tempat wisata ini. Berarung jeram di lokasi ini cukup aman karena arus yang tidak terlalu deras bahkan anak-anak pun bisa mengikuti olah raga ini asal mereka sudah berumur di atas 6 tahun.

Tempat wisata yang eksotis ini, lengkap dengan jurang terjal dan dinding tinggi, sebenarnya bernama Cukang Taneuh (Jembatan Tanah), tetapi oleh seorang wisatawan Prancis, nama tersebut diganti menjadi Grand Canyon pada tahun 1993. Jadilah sekarang tempat wisata ini dikenal dengan nama Grand Canyon Indonesia.

Green Canyon Indonesia ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km. Di dekat objek wisata ini terdapat objek wisata Batukaras serta Lapangan Terbang Nusawiru.

Objek wisata mengagumkan ini sebenarnya merupakan aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya. Selain itu daerah ini juga diapit oleh dua bukit, juga dengan banyaknya bebatuan dan rerimbunan pepohonan. Semuanya itu membentuk seperti suatu lukisan alam yang begitu unik dan begitu menantang untuk dijelajahi.

Begitu terlihat jeram dengan alur yang sempit yang sulit dilewati oleh perahu berarti sudah sampai di mulut Green Canyon, di mana airnya sangat jernih berwarna kebiru-biruan. Di sinilah awal petualangan menjelajah keindahan objek wisata ini dimulai. Dari sini wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke atas dengan berenang atau merayap di tepi batu. Disediakan ban dan pelampung bagi yang memilih untuk berenang. Meski harus menempuh cara seperti ini, perjalanan dijamin sepenuhnya aman. Bahkan untuk anak-anak 6 tahun ke atas cukup aman untuk menyusuri aliran sungai dengan menggunakan ban dan dipandu oleh pemilik perahu yang disewa.

Sepanjang perjalanan kita akan melewati sungai dengan air berwarna hijau tosca.

Selain itu, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang masih asri dengan dominasi warna hijau pada tebing dan hutan di sepanjang sungai.

Suasana di sepanjang aliran sungai begitu hening diselingi suara kicau burung yang sesekali. Membayangkannya, seperti sedang berada di tengah cerukan yang dalam, di mana di kanan dan di kiri hanya ada tebing tinggi semata.

Ada tebing karang berwarna kecokelatan, tapi lebih banyak tebing berwarna hijau karena diselimuti belukar. Sungguh membuat takjub.

Transportasi:

-Kendaraan Umum: Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, tentunya tidak usah repot memikirkan rute. Karena sopir akan membawa Anda Langsung ke Pangandaran (Green Canyon).

-Bus

Dari jakarta dan Bandung: Anda bisa mengikuti Rute Arah ke Jawa Tengah dengan melalui Kota Tasik-Ciamis Kota-Kota Banjar- Pangandaran.

Dari Jawa Timur dan Jawa Tengah: Untuk Jawa Timur anda dapat menuju arah Jawa Tengah terlebih dahulu, lalu dilanjutkan untuk mengambil jalur ke Jawa Barat dengan mengikuti jalur arah (Purworejo-Kebumen-Wangon-Banjar- Pangandaran-Ciamis).

-Transportasi Rakit: Lama perjalanan antara Jakarta-Pangandaran 8 sampai 10 jam dan dari Pangandaran ke Green Canyon sekitar 45 menit. Untuk memasuki lokasi ini, wisatawan berangkat dari dermaga Ciseureuh menggunakan perahu tempel atau kayuh yang banyak tersedia di sana. Jarak antara dermaga dengan lokasi Green Canyon sekitar 3 km, yang bisa ditempuh dalam waktu 30-45 menit. Tarif sewa perahu Rp 75.000 dengan kapasitas penumpang maksimal lima orang.

Kegiatan di Lokasi Wisata:

-Untuk lebih menikmati keindahan alam Green Canyon, para wisatawan biasanya tidak segan-segan untuk berbasah-basahan dengan cara berenang, menyusuri sungai dengan menggunakan ban dalam bekas kendaraan yang dijadikan perahu atau pelampung, hingga menguji keberuntungan mereka dengan cara memancing ikan.

-Jika ingin lebih berlama-lama atau ingin lebih menjelajah hingga ke hulu sungai, wisatawan bisa menyewa perahu dengan jam tambahan. Harganya, sesuai kesepakatan saja.

-Tidak cukup sampai di situ, di tengah perjalanan, pengunjung akan menyaksikan air terjun Palatar atau dalam bahasa setempat disebut Curug Palatar yang terdapat di dalam gua. Dua bukit tinggi yang dipenuhi pepohonan dan bebatuan serta binatang liar seperti kera ekor panjang, biawak dan burung-burung hutan seakan menyambut kedatangan wisawatan.

-Bagi wisatwan yang gemar berselancar air atau water surfing, selain lokasi Green Canyon terdapat juga Pantai Batukaras di Desa Batukaras yang patut dikunjungi.

-Selain pemandangan indah di atas permukaan air, Green Canyon akan menjadi surga tersendiri bagi yang suka menyelam. Tinggal membawa beberapa alat selam, pemandangan menakjubkan cekungan-cekungan di dalam air siap untuk ditelusuri dan dinikmati, lengkap dengan beragamnya ikan-ikan yang berenang ke sana kemari di dasar lubuk.

-Bagi yang suka menantang adrenalin, dapat meloncat dari sebuah batu besar dengan ketinggian 5m ke dasar lubuk yang dalam.

-Wisatawan juga bisa menyusuri riam-riam sungai dan merasakan sensasi cipratan air hujan abadi. Tapi jangan lupa, sebaiknya menggunakan pelampung yang banyak disewakan di lokasi ini dengan harga sewa sekitar Rp 5.000 per hari.

-Suasana di dalam gua lebih-lebih mempesona. Sinar matahari yang masuk secara terbatas, membuat suasana sedikit temaram. Yang menakjubkan di sejumlah titik tertentu, sinar matahari berhasil menerobos masuk dan menghasilkan pemandangan yang indah. Jika sedang beruntung, cahaya matahari yang menerpa air sungai itu kadang membentuk pelangi. Pantas untuk dicoba!

Tips:

-Bagi Anda yang benar-benar ingin menikmati keindahan objek wisata Green Canyon harus paham dengan musim. Karena saat terbaik untuk bisa menikmati keindahaan objek wisata ini adalah beberapa saat setelah masuk musim kemarau. Karena jika pada musim hujan sungai deras dan warna airnya pun keruh.

-Sebelum Anda memutuskan untuk ke Green Canyon, sebaiknya menyiapkan cukup uang tunai. Disana tidak ada bank atau ATM. Untuk ATM, tempat penginapan dan fasilitas akomodasi yang lengkap bisa Anda dapatkan di Pantai Pangandaran.

-Untuk akses berperahu, disana tersedia armada perahu yang cukup banyak dan dapat mengantarkan Anda untuk menelusuri objek wisata ini. Pada setiap perahu akan didampingi seorang juru dan petugas untuk memandu Anda dalam perjalanan.

Tempat Wisata Sekitar :

  1. Taman Impian Jaya Ancol

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>